Teknologi Pembawa Kecerdasan Masa Depan


Saat ini sudah tidak diragukan lagi begitu pesatnya perkembangan dalam bidang teknologi. Berbagai macam gadget dengan keunggulan masing-masing sudah menjadi suatu kebutuhan yang dianggap penting saat ini. Begitu menggiurkan pula tawaran-tawaran dari produsen gadget dipasaran, dengan kisaran harga bermacam-macam pula.

Dalam dunia pendidikan saat inipun tak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Berbagai bidang pendidikan saat ini sudah bergantung pada teknologi. Oleh karnanya baik siswa, guru maupun orangtua siswa dituntut dapat menggunakan berbagai teknologi seperti laptop, komputer, tab ataupun smartphone. Namun ada dua sisi yang dapat disorot dengan adanya dampak positif dan negatif akan perkembangan teknologi saat ini.

Salah satu manfaat positif dengan adanya teknologi kegiatan pembelajaran didalam kelas lebih bervariasi dan lebih menarik tentunya. Hal ini dapat meningkatkan minat belajar siswa akan sebuah materi pembelajaran. Dengan menyisipkan video atau bahkan film dalam proses pembelajaran tentu siswa tidak akan bosan didalam kelas. Hal ini dapat diwujudkan tentu dengan didukungnya peralatan yang ada disekolah masing-masing. Dan dapat dikatakan pula teknologi sebagai pembawa kecerdasan dimasa depan, karena setiap tahun tentunya semakin pesat perkembangan teknologi yang ada.

Pemerintah saat ini juga mulai memerhatikan perkembangan teknologi disetiap sekolah baik yang di kota sampai ke pelosok desa yang masih sangat sulit mengakses internet. Presiden SBY dalam kuliah umum di Universitas Indonesia (6 Agustus 2007) dan Universitas Airlangga (4 September 2007) menegaskan pentingnya sains dan teknologi (IPTEK) dan upaya memicu perkembangannya, khususnya melalui riset. Bahkan lebih tegas lagi Presiden SBY menyatakan: Jika kita mampu membuat sendiri segala produk teknologi yang kita butuhkan, mengapa kita harus melakukan impor. Perkataan SBY itu dapat berarti jika kita mampu mengembangkan teknologi sendiri berarti kita dapat menyebarluaskan produk sendiri tersebut hingga ke pelosok dalam negeri kita.

Tujuan penulisan artikel ini salah satunya ialah menyadarkan kita betapa ‘terpengaruhnya’ kita dengan teknologi saat ini. Dampak negatifpun tak dapat terelakkan. Dimanjakannya kita dengan berbagai teknologi saat ini, kita dibuat lengah olehnya.
Oleh karena itu sebaiknya kita lebih dapat menyaring dan memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar. Berupaya meningkatkan mutu diri namun tetap membatasi penggunaannya. Bijaksana dalam penggunaan teknologi, tidak tergiur dengan dampak negative yang akan didapat.

Dalam dunia pendidikan, guru atau pengajar yang baik ialah dia yang mampu menggunakan, memanfaatkan, dan mengaplikasikan teknologi sebagai media pembelajaran yang baik dan benar. Guru atau pengajar juga harus mampu mencontohkan pembatasan penggunaan teknologi kepada siswa atau peserta didiknya. Memberikan informasi sebenar-benarnya akan dampak positif maupun dampak negatif yang dapat ditimbulkan dengan penggunaan teknologi yang berlebihan.

Foto tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran

Foto tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s