Jepang vs Indonesia

Jepang

Bangsa yang besar adalah bangsa yang berkomitmen membangun sektor pendidikannya.Seperti Jepang dan negara-negara maju lainnya, membangun bangsa dengan tahapan perdananya berorientasi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta menghargai berkembangnya ilmu pengetahuan. Bagaimana dengan kemajuan sektor pendidikan di Indonesia?

Negara memiliki kepentingan untuk meningkatkan kualitas pendidikan karena ukuran kualitas suatu negara dapat dilihat dari kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki.

Fungsi Pendidikan menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional adalah berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berdasarkan penjelasan diatas semakin memperjelas peran pendidikan bagi Negara Indonesia yaitu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

Dalam kesempatan ini saya akan mencoba mengkaji sistem perbandingan pendidikan Jepang dengan beberapa catatan dalam sistem pendidikan Indonesia. Jepang dipilih karena keunggulan yang dimiliki dalam sistem pendidikannya. Saat ini, Jepang merupakan salah satu negara di Asia dengan sistem pendidikan terbaik. Tahun 1970 sistem pendidikan Jepang sudah mampu meraih tujuan-tujuan yang dicanangkan, “hanya” sekitar 25 tahun .

Berbagai keunggulan Jepang di bidang kedokteran, teknologi, sastra, dan seni merupakan keberhasilan sistem pendidikan Jepang yang secara gemilang telah mampu menjawab berbagai permasalahan yang ada, termasuk Jerman, yang ingin mendapatkan salah satu pendidikan terbaik di dunia.

Jepang telah berhasil meminimalkan tingkat pengangguran di negeri mereka, berbanding terbalik dengan Indonesia yang memiliki tingkat pengangguran yang selalu meningkat setiap tahunnya. Kreatifitas para lulusan sekolah-sekolah di Jepang juga sudah terbukti secara internasional dengan keberhasilan Honda, Suzuki yang selalu menginovasi produknya dalam hitungan waktu yang sangat singkat.

Cara pengajaran antara Jepang dan Indonesia-pun telah berbeda sejak awal. Di Jepang, bahkan saat bayi masih dalam kandungan, orangtua telah merencanakan dengan matang untuk pendidikan yang akan dijalani anaknya kelak. Dengan menimbang kualitas pendidikan yang bagus dimulai sejak TK. Saat usia anak masih belum tergolong anak yang wajib sekolah, orangtua telah mengajarkan pendidikan di dalam rumah melalui berbagai acara tv yang educative. Orangtua mengawasi anaknya belajar, mengantar anak ke tempat kursus atau bahkan mendatangkan guru les. Bandingkan dengan cara/metode pengajaran anak Indonesia. Saat ini memang masyarakat Indonesia sudah mulai menyadari pentingnya pendidikan dan sudah meniru gaya/metode yang dianut oleh negara maju seperti Jepang. Akan tetapi besarnya prosentase masyarakat yang acuh terhadap pendidikan menjadi kendala besar di Indonesia.

Akan tetapi ada beberapa keburukan dalam sistem pendidikan di Jepang. Disiplin pendidikan yang sangat ketat meningkatkan tingkat stress dikalangan pelajar. Tingkat kematian karena stresspun meningkat tiap tahunnya. Penindasan terhadap siswa lain atau sering disebut juga bullying cukup tinggi dikalangan pelajar Jepang. Sedangkan sistem pendidikan di Indonesia jauh lebih terkontrol untuk kaitannya dengan aspek sosialnya.

Indonesia dapat mengambil keunggulan-keunggulan sistem pendidikan di Jepang akan tetapi tetap menjunjung tinggi kearifan lokal masyarakatnya.
Menjalin hubungan yang baik dengan Jepang menjadi pintu pembuka bagi Indonesia. Salah satu contohnya dengan mengadakan kunjungan pelajar Indonesia ke Jepang seperti video dibawah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s